Monday, April 13, 2020

Mengenal Kondisi Nyeri Pinggul Dan Cara Mengobatinya

Mengenal Kondisi Nyeri Pinggul Dan Cara Mengobatinya


Pernahah anda merasakan nyeri pada area pinggul anda ? Rasanya tentu sangat menyakitkan serta dapat membuat anda menjadi tidak nyaman dalam beraktivitas. Nyeri pinggul merupakan suatu kondisi yang sangat umum terjadi serta dapat mempengaruhi semua orang tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Pinggul sendiri merupakan suatu lokasi atau persinggungan sendi dimana tulang panggul dan tulang pangkal kaki bertemu. Nyeri pinggul merupakan suatu kondisi ketika adanya cedera pada panggul. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Masalah yang terjadi pada sendi pinggul dapat menimbulkan rasa sakit pada bagian dalam pinggul dan pangkal paha anda.

Kondisi nyeri pinggul bisa dirasakan dibanyak area tubuh yang berkaitan seperti pada paha, pangkal paha, bokong, dan sendi pinggul. Sendi pinggul didesain supaya tulang kaki anda dapat bergerak dengan lancar. Keberadaan sendi pinggul juga memungkinkannya untuk mengatasi gerakan berulang dan kondisi aus serta robekan, misalnya saat anda berlari mengejar bus, maupun saat anda melompat keatas papan. Tetapi, ketika otot, sara, ligamen, dan jaringan lunak mengalami tekanan, hal tersebut dapat menyebabkan sendi pinggul mengalami peradangan dan menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Nyeri pinggul yang anda alami bahkan bisa memburuk jika anda melakukan aktivitas yang cukup berat seperti berolahraga, berlari, maupun berjalan kaki dalam waktu yang cukup lama.

Karena sendi pinggul memainkan peranan besar dalam menggerakkan tubuh anda, maka kondisi nyeri pinggul maka dapat membuat semua aktivitas anda sehari – hari terasa menyiksa dan menyakitkan. Nyeri pinggul dapat dirasakan pada area berbeda yang mengelilingi sendi. Untuk menentukan pengobatan yang tepat terhadap nyeri sendi, anda perlu melakukan identifikasi terhadap lokasi nyeri serta mendiagnosis penyebabnya. Jika nyeri terasa di bagian dalam area pinggul atau area pangkal paha, hal ini bisa menandakan bahwa sedang terjadi masalah pada bagian pinggul itu sendiri. Tetapi, jika rasa nyeri tersebut terasa di bagian luar pinggul, bokong, dan paha atas, hal tersbut mengidentifikasikan bahwa sedang terjadi masalah pada jaringan lunak.

Kondisi nyeri pinggul bisa disebabkan oleh berbagai hal, yaitu :

1. Penyakit arthritis

Rhritis merupakan kondisi paling umum yang dapat menyebabkan terjadinya nyeri pinggul. Penyakit ini dapat menyebabkan terjadinya nyeri, kaku, persendian lunak, dan sulit berjalan. Nyeri pinggul yang disebabkan oleh penyakit arthritis dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama bahkan dapat semakin memburuk secara bertahap jika tidak segera diobati.

2. Bursitis trokanterika

Bursitis trokanterika merupakan suatu kondisi ketika bursa atau kantong yang berisi cairan yang berada didekat sendi panggul mengalami peradangan. Kondisi ini paling sering disebabkan karena adanya cedera pada panggul hingga terlalu sering mengalami masalah sendi.

3. Patah tulang pinggul

Kondisi patah tulang pinggul paling sering terjadi pada orang yang berusia lanjut dan sering terjadi secara tiba – tiba. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri yang sangat parah serta membutuhkan pertolongan medis secepatnya.

4. Pengobatan terhadap nyeri pinggul


Untuk mengatasi nyeri pinggul, anda harus mengidentifikasi jenis dan penyebabnya terlebih dahulu. Jika nyeri pinggul terjadi ketika sedang berolahraga, maka rasa nyeri itu bisa hilang dengan sendirinya ataupun menggunakan obat pereda nyeri yang banyak dijual di pasaran. Jika kondisi nyeri pinggul terjadi dalam jangk waktu yang cukup lama, dokter mungkin akan meresepkan beberapa jenis obat seperti acetaminophen serta obat anti peradangan non steroid (NSAID). Dokter juga mungkin akan melakukan beberapa jenis terapi fisik untuk memulihkan kondisi anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search